Manfaat Zakat Bagi Semua

Manfaat zakat - Sahabat pencinta zakat, kali ini admin akan berbagi informasi penting tentang manfaat zakat bagi muzakki (orang yang wajib mengeluarkan zakat) dan mustahik (orang yang berhak menerima zakat). Mungkin anda sudah mengetahui pengertian zakat, macam macam zakat, ataupun pengertian zakat fitrah pada artikel-artikel sebelumnya pada blog ini. Tapi manfaat zakat itu sendiri baru admin buat sekarang.
Zakat tentu saja tidak hanya sekedar ibadah yang wajib kita kerjakan, tetapi ada manfaat yang terkandung didalamnya. Tidak ada satu hal pun yang Alloh ciptakan di dunia ini kecuali ada manfaatnya. Begitu juga dengan ibadah mahdhoh yang satu ini. Lalu seperti apa manfaat zakat ini ? simak selengkapnya dibawah ini.

Manfaat Zakat

  1. Menambah Ketaatan Kepada Alloh SWT
    Tentu saja zakat bisa membuat kita lebih taat kepada Alloh SWT. Karena dengan berzakat kepada Alloh artinya kita melaksanakan kewajiban yang Alloh berikan kepada kita selaku hambanya. Bukankah syarat untuk menjadi taat adalah mematuhi perintah ?
    Bahkan sebaliknya, jika kita tidak mengeluarkan zakat, tidak hanya mengurangi taat kepada Alloh SWT, bisa saja ini membuat ketaatan kita kepada Alloh SWT hilang, karena tidak ada taat yang setengah-setengah.
  2.  Zakat membuat manusia tumbuh berkembang
    Bagaimana bisa dengan zakat kita bisa tumbuh dan berkembang, sedangkan mengeluarkan zakat artinya mengeluarkan sejumlah harta yang membuat harta tersebut berkurang ? Ya memang, dengan mengeluarkan zakat harta kita pasti berkurang. Akan tetapi bertambah kemaslahatan harta yang dimiliki, bertambah berkahnya, bertambah pahala, serta banyak dosa-dosa yang diampuni.
  3. Menghilangkan kotoran
    Alloh SWT berfirman didalam Al-Quran surat At-Taubah yang artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka....".
    Lalu nabi juga bersabda Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya zakat ini hanyalah kotoran manusia".
    Sungguh luar biasa rakus dan bakhilnya orang yang tidak menunaikan zakat, karena menolak untuk dibersihkan, maknanya ia sama dengan orang yang tidak rela mengeluarkan kotorannya. Ia mengundang penyakit, digemuki dan yang sudah di gemuki bukannya diupayakan kesembuhannya. Bahkan ditambah sejalan dengan keengganannya mengeluarkan zakat. Ia lebih memilih hidup sakit dan terus berpenyakit dari pada harus mengeluarkan kotorannya. Naudzubillah!
  4. Membantu orang yang kesusahan
    Dengan berzakat kita membantu orang yang kesusahan. Diantara orang yang berhak menerima zakat adalah orang fakir, orang miskin, orang yang kehabisan bekal, dan juga orang yang tidak bisa membayar hutang.
  5.  Membantu orang yang berjuang untuk agama Alloh
    Salah satu golongan penerima zakat yaitu fii sabiilillah, artinya adalah orang-orang yang berjuang di jalan Alloh.
Sahabat pencinta zakat, kita sudah sampai pada akhir artikel tentang manfaat zakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi semangat anda untuk lebih taat kepada Alloh dengan mengeluarkan zakat. Aamiin

1 Response to "Manfaat Zakat Bagi Semua"