Syarat Wajib Zakat Fitrah

Syarat wajib zakat fitrah - Sahabat pencinta zakat, kali ini admin akan berbagi informasi tentang syarat-syarat wajib zakat fitrah. Sebelumnya admin juga sudah membuat artikel yang penting untuk anda baca juga yaitu tentang orang yang berhak menerima zakat, anda bisa membaca artikel tersebut dengan meng klik link tersebut. Tanpa panjang lebar lagi, silahkan perhatikan penjelasan lengkap tentang syarat wajib zakat fitrah dibawah ini.

Syarat Wajib Zakat Fitrah

Berbeda dengan zakat lainnya seperti zakat mal, zakat pertanian, dan lain lain yang memiliki syarat-syarat untuk sampai pada kewajiban membayar zakat (nishab dan haul), zakat fitrah tidak memiliki syarat tersebut.
Artinya zakat fitrah diwajibkan kepada semua ummat islam baik itu laki-laki, perempuan, orang tua, anak muda, anak-anak, bahkan bayi yang masih didalam kandungan pun wajib dibayar zakat fitrahnya. Tapi tentu saja anak-anak dan bayi tidak membayar zakatnya sendiri, tetapi orang tuanya atau yang bertanggung jawab  atas anak itu, dan itu semua tergantung kepada kemampuannya. jika tidak mampu tidak usah membayar, tetapi diberi/menerima zakat fitrah tersebut.
Dengan kata lain, syarat wajib zakat fitrah itu adalah semua orang islam yang berjiwa dan juga mampu (dalam hal materi).

Waktu Pembagian Zakat Fitrah

Ada hal lain yang penting yang perlu diperhatikan didalam hal zakat fitrah, yaitu waktu pembagiannya. Didalam hadits yang menerangkan tentang zakat fitrah disebutkan bahwa waktu pembagian zakat fitrah itu sebelum sholat iedul fitri dimulai.
Semua ulama sepakat tentang hal ini, tetapi mereka berbeda pendapat tentang kata "sebelum", ada yang menafsirkannya sangat luas sehingga menurut mereka pembagian zakat fitrah bisa tanggal 1 romadhon, ada yang menafsirkan sehari atau dua hari sebelum sholat iedul fitri, dan ada juga yang menafsirkan benar-benar sebelum sholat iedul fitri, waktu yang paling dekat yaitu setelah sholat shubuh.
Tidak ada yang tahu pendapat yang paling benar yang mana, tetapi jika kita perhatikan, kata "sebelum" didalam hadits yang menerangkan tentang ibadah biasanya menunjukkan waktu yang paling dekat. Misalnya hadits yang menerangkan tentang sholat sunnat qobla subuh (sebelum shubuh), sholat qobla shubuh tidak mungkin dilakukan pada jam 23:00 malam atau jam 02:00 pagi misalnya, tapi sholat qobla shubuh dilakukan sebelum sholat shubuh dan setelah adzan shubuh dikumandangkan, waktu terdekat dengan sholat shubuh.
Nah begitu juga dengan zakat fitrah ini, ketika hadits tentang zakat menyebutkan bahwa waktu pembagian zakat fitrah itu sebelum sholat ied, artinya benar-benar sebelum sholat iedul fitri dimulai. Dan jika lewat dari sholat iedul fitri, maka itu tidak termasuk zakat fitrah, tetapi bernilai shodaqoh biasa.

Note: Untuk penjelasan lebih lengkap dan jelas tentang zakat fitrah, anda bisa membuka halaman pengertian zakat fitrah. Dan untuk penjelasan lebih lengkap tentang zakat, bisa membaca pengertian zakat.

Sahabat pencinta zakat, kita sudah sampai pada akhir artikel tentang syarat wajib zakat fitrah, semoga bermanfaat. Dan semoga artikel ini menjadikan kita lebih bersemangat lagi untuk melakukan kewajiban-kewajiban Alloh SWT terutama zakat.

0 Response to "Syarat Wajib Zakat Fitrah"

Posting Komentar